Roemah Oengoe - Cilandak Barat/Fatmawati, Djakarta Selatan. Tempatnja Koempoel-koempoel segala Roepa. Nyuuk diskusi/beri komentar di postingan.... Mudah2an ye Bermanfaat.
Any comments or inquiries in English, do welcome...

WA/SMS (preferred) ke XL 0877 8891 8080
.......ud ngga ada ya Pin BB: 2ACEA1C3
PS. Jangan sungkan menawar, ya ngga Mba, Mas, Pak, Bu sekalian...
Kecuali.... Label Permanen:
"

Blog Lain Mak Iyen

Senin, 10 April 2017

#116 Continental Meerschaum Pipe 19th Century - Kepala Wanita

Dari bentuk 'topi'nya yang miring dan tatanan rambut seadanya, ukiran pada pipa ini lebih ke figur wanita petani daripada bangsawan....:)
Disebut Continental karna didesain dan kemungkinan dibuat di dan untuk kalangan penduduk Eropa.

Dibuat di abad ke19, jadi umurnya sudah sangaaaaaat....tua. Biarpun demikian, box lapis kulitnya masih oke, bisa buka tutup dengan baik...hanya dibeberapa bagian sudah mengikis.
Kondisi sesuai usia dan pemakaian yang cukup baik.  Silahkan dilihat2 foto2nya:


Meerschaum merupakan kosa kata Jerman, diberikan untuk sejenis mineral laut (sea foam) yang ditemukan di Laut Hitam.  Pipa dengan bahan baku Meerschaum sudah diproduksi sejak tahun 1723, dan masih diproduksi hingga sekarang.
Sumber:  https://en.wikipedia.org/wiki/Meerschaum_pipe

Biarpun bentuk cuilnya simetris, hehe,tapi tidak rata, jadi Mak anggap ada cacat di dekat bagian sambungan, namun ternyata di dekat sana lah tertera identitas dari pipa ini: no.116.  Nomor ini lah yang unik, karna sulit sekali menemukan referensi pipa dengan karakteristik demikian.  
Tapi sekali lagi, menuruti kebiasaan disiplin produksi orang Eropa (contoh pada figurine antik asal Jerman), tidak mengherankan apabila sebagian dari produsen pipa untuk pasar Eropa dikenakan kebiasaan ini, bisa untuk kode desain atau yang lainnya.

Harga 4 juta rupiah. Barang mungil tapi antik sekali dan full original.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temen2 Mak